• Alamat : Jalan Raya Panglegur Km.4 Pamekasan 69371 - Jawa Timur
  • Telp/Fax : +62 324 322551
  • Email : -

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Institut Agama Islam Negeri Madura

LP2M

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) merupakan salah unit kerja yang ada di lingkungan STAIN Pamekasan yang memiliki lahan garap khusus di bidang penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan penelitian yang menjadi perhatian utama P3M adalah kegiatan penelitian yang bersifat kolektif, individual dan PAR

Kuliah Pengabdian Kepada Masyarakat (KPM) PAR merupakan kegiatan intrakurikuler yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan ikut serta membantu pemerintah dalam mempercepat proses pembangunan nasional, berupa pemberdayaan masyarakat pedesaan. Mahasiswa bekerja di desa dalam jangka waktu tertentu dengan berbaur, dan mengabdi membantu masyarakat desa memecahkan persoalan pembangunan pedesaan. Pelaksanaan KKN yang selalu berasal dan dikonsepsikan oleh perguruan Tinggi yang bersangkutan dengan mengabaikan partisipasi masyarakat dalam hal perumusan permasalahan, pelaksanaan dan solusinya, dinilai kurang memberikan aspek kemandirian dan aspek pemberdayaan. Oleh karenanya KPM PAR muncul sebagai program alternatif yang memfokuskan diri pada pemberdayaan masyarakat berupa pembangunan kesadaran masyarakat secara mandiri dan berkesinambungan.

Perguruan Tinggi oleh sebagian masyarakat, terutama masyarakat pedesaan dipandang sebagai menara gading dan ilmunya kurang membumi. Mahasiswa KPM seringkali kurang mendapatkan respons karena pihak masyarakat desa memandang KPM sebagai kegiatan wajib akademik. Karenanya maka bentuk kegiatan program KPM adalah membantu program pembangunan pemerintah (mahasiswa diposisikan sebagai pekerja). Sehingga posisinya cukup problematik, karena kegiatan mahasiswa diarahkan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kantor pemerintahan desa, terutama sebagai partner dan atau pekerja aparat desa dan membantu masyarakat. Di samping itu mahasiswa juga menggali atau menyelesaikan masalah dengan masyarakat dijadikan obyek kegiatan tanpa mampu membangkitkan semangat, dan menyadarkan masyarakat untuk melakukan sesuatu atas problem yang mereka hadapi.

Melihat realitas di atas, mahasiswa adalah tukang atau terkadang disebut dengan sunterclass, yang diharapkan dapat bekerja atau memberikan sesuatu kepada masyarakat pedesaan. Karenanya KPM selama ini belum mampu melaksanakan pemberdayaan masyarakat (community empowering) dengan baik dan dinilai hanya kegiatan seremonial akademis semata-mata untuk kepentingan perguruan tinggi, seperti KPM PAR.

Salah satu metode untuk mengenalkan KPM dengan pendekatan PAR ini adalah dengan melakukan studi banding ke suatu lembaga yang lebih berpengalaman menyelenggrakan KPM PAR. Hal ini diharapkan akan memberikan pengetahuan kepada seluruh elemen P3M STAIN Pamekasan tentang pola KPM yang berbeda dengan yang dilakukan selama ini, dimana DPL nantinya akan menempatkan mahasiswa pada posisi out-sider (pihak luar). Sedangkan upaya ke arah terjadinya perubahan sosial tergantung kepada masyarakat itu untuk dapat meningkatkan cara berpikir, pengetahuan, atau keterampilannya serta memiliki kemampuan dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan.

Hal lain yang juga perlu dipelajari, dan dikembangkan dengan melakukan studi banding adalah bidang penelitian. Bidang ini sesungguhya merupakan proses pendalaman secara kolektif terhadap penemuan dan hasil rumusan yang telah dihasilkan dalam KPM PAR. Hasil KPM PAR semestinya dijadikan referensi dalam merumuskan penelitian PAR. Maka penelitian dan KPM PAR merupakan dua kegiatan P3M yang sama-sama penting untuk dikembangkan di tahun-tahun mendatang.

 

Hasil polling sementara

Bagaimana Tentang Aplikasi Layanan Online P3M STAIN Pamekasan

Sangat Bagus
44.8 %
Bagus
17.2 %
Cukup
3.4 %
Kurang
34.5 %
Pilih polling sekarang

Jul102018

Materi Pembekalan KPM 2018

Materi Pembekalan KPM 2018

selengkapnya

 

Jul102018

Pengumuman Revisi sebaran DPL, SUpervisor dan BPKPM serta Jadwal Pembekalan KPM 2018

Pengumuman Revisi sebaran DPL, SUpervisor dan BPKPM serta Jadwal Pembekalan KPM 2018

selengkapnya

 

Jul042018

Pengumuman Pembekalan dan Penyebaran DPL, Supervisor dan BPKPM 2018

Pengumuman Pembekalan dan Penyebaran DPL, Supervisor dan BPKPM 2018

selengkapnya

 

  Arsip Pengumuman

Mei12019

Pertemuan Perdana dan Pembentukan BPU KPM

08.00-12.00

Pertemuan Perdana dan Pembentukan BPU KPM

Data Pengunjung

Online 1 User
Total Hits 98618 Hits
Hari Ini 94
Kemarin 1013
Bulan Ini 3364
Tahun Ini 230049
Total 303902